masjid-tertua-yang-dibangun-sahabat-nabi-ditemukan-terkubur-di-israel

Masjid Tertua yang Dibangun Sahabat Nabi Ditemukan Terkubur di Israel – Sekelompok peneliti baru saja mendapatkan penemuan luar biasa perihal sejarah Islam di dunia. Sekelompok arkeolog mendapatkan salah satu masjid tertua di dunia yang terkubur di pinggir laut Galilea, Israel.

Masjid Tertua yang Dibangun Sahabat Nabi Ditemukan Terkubur di Israel

masjid-tertua-yang-dibangun-sahabat-nabi-ditemukan-terkubur-di-israel

adidasx16skor – Dilansir Arab News, sisa-sisa bangunan masjid tersebut ditemukan di bawah reruntuhan yang sebelumnya diidentifikasi sebagai bangunan asal periode Bizantium. Masjid tersebut diperkirakan dibangun terhadap awal 635 Masehi oleh seorang teman akrab Nabi Muhammad, Shurahbil ibn Hasana yang merupakan komandan tentara Muslim di dalam menaklukan Levant terhadap abad ketujuh.

Shurahbil ibn Hasana merupakan salah satu teman akrab pertama Nabi Muhammad. Ia hidup di jaman khalifah Umar bin Khattab dan terlibat banyak pertempuran serta penaklukan sebagai seorang komandan.

Masjid ini terdapat di pinggiran kota Tiberias di utara Israel, yang menghadap ke pantai barat Laut Galilea. Penemuan itu diumumkan minggu selanjutnya di dalam konferensi akademik sehabis 11 tahun dijalankan oleh sekelompok peneliti yang dipimpin oleh Katia Cytryn-Silverman dari Universitas Ibrani Yerusalem.

Situs ini pertama digali terhadap 1950-an kala struktur tiang masjid tersebut ditemukan. Pada walnya, bagian dari bangunan tersebut diidentifikasi sebagai pasar dari periode Bizantium akhir.

Bagi anda yang suka bermain game online silahkan kunjungi link berikut : Bandar Judi Bola

Namun, penggalian selanjutnya mengutarakan bahwa pecahan tembikar dan koin dari temuan itu berasal dari periode awal Islam. Setelah langkah penelitian berdasarkan temuan struktur bertingkat dari fondasi bangunan, para arkeolog akhirnya perlihatkan bahwa situs tersebut berasal dari peninggalan Islam.

Arkeolog sebelumnya udah mengidentifikasi sisa-sisa masjid abad kedelapan, namun penggalian lebih lanjut mengutarakan struktur tersebut sebetulnya satu abad lebih tua dari yang diprediksikan.

Sejarawan udah jelas lokasi masjid yang lebih tua, namun reruntuhan itu tertimbun agar para arkeolog tidak sanggup mengaksesnya. Sisa-sisa masjid tertua ditemukan di timur Baghdad, tepatnya di kota kuno Wasit dan bertanggal 703 Masehi.

“Kami tidak sanggup menegaskan bahwa ini adalah punya Shurahbil. Tapi kami miliki sumber bersejarah yang menyatakan dia mendirikan sebuah masjid di Tiberias kala dia menaklukkannya terhadap tahun 635,” ujar Dr. Cytryn-Silverman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *